Wednesday , 20 March 2019
Home » Berita Komoditas » September, Produksi Tembaga China Naik 68%

September, Produksi Tembaga China Naik 68%

Sepanjang bulan September 2017, China mencatatkan produksi tembaga yang mengalami lonjakan. Kenaikan produksi tembaga ini tidak akan menekan harga tembaga dipasar global. Harga tembaga saat ini terpantau masih cukup stabil dipasaran dan tidak terlalu banyak mendapatkan tekanan.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Biro statistik China menyebutkan, produksi tembaga disepanjang bulan September naik 6.8% menjadi 774.000 ton dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu produksi tembaga China mulai dari Januari – September 2017 meningkat 6.3% menjadi 6.61 juta ton dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan produksi tembaga di China ini ditengah output yang meningkat ditengah membaiknya margin dan perawatan smelter selesai. Kenaikan produksi ini masih sesuai ekspetasi dan tidak akan memberikan tekanan pada pasar global.

Mengacu pada data Bloomberg, harga tembaga kontrak tiga bulan di LME terpantau turun 0.21% menjadi US$ 6.952 per metrik ton.  Sebelumnya harga tembaga sempat mencatatkan level tertinggi di angka US$ 7.134,5 per metrik ton.

Selain merilis data tembaga, Biro statistik China juga mencatatkan penurunan produksi seng di bulan September sebesar 2,7% menjadi 537.000 ton, serta kenaikan produksi timbal 7% yoy menjadi 427.000.

About Firman Hasugian

Check Also

Dollar AS Halangi Penguatan Harga Timah

Setelah disetujuinya anggaran pendapatan dan belanja negara oleh Senat Amerika Serikat (AS), nilai tukar dollar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.