Thursday , 18 July 2019
Home » Berita Komoditas » Produksi Kelapa Dalam Negeri Terus menurun

Produksi Kelapa Dalam Negeri Terus menurun

Produksi kelapa dalam negeri setiap tahunnya terus mengalami penurunan. Produksi kelapa pada tahun ini juga mengalami penurunan, hal tersebut diakibatkan oleh para petani banyak yang beralih dari menanam kelapa menjadi menanam komoditas lain.

Hingga akhir tahun ini diperkirakan produksi kelapa akan mengalami penurunan dari rata-rata produksi kelapa dalam setahun bisa mencapai 15 miliar butir. Dewan Kelapa Indonesia menyebutkan, hingga saat ini masih menghitung jumlah produksi kelapa namun jumlahnya akan mengalami penurunan dari 15 miliar butir.

Saat ini banyak petani kelapa yang mulai beralih ke komoditas lain dan tidak meremajakan kebun kelapanya karena harga kelapa yang tidak baik. Harga kelapa ditingkat pabrik berkisar Rp 3.000 sampai Rp 4.000 perbutir namun ditingkat petani harganya jauh lebih rendah

Berdasarkan data Dewan Kelapa Indonesia, harga kelapa ditingkat pabrik pernah menyentuh Rp 2.000 perbutir, sementara ditingkat petani hanya sekitar Rp 800 perbutir. Sehingga ada kehilangan sebesar Rp 1.200.

Para petani juga sudah tidak bersemangat lagi untuk menanam kelapa, sebab kebanyakan industri membayar kelapa dengan sistem kredit atau membayar setelah beberapa bulan berikutnya. Padahal petani lebih senang jika kelapa mereka dibayar secara cash/tunai. Hal tersebut yang membuat pembeli didalam negeri kalah bersaing dengan pembeli diluar negeri.

Sampai saat ini ekspor kelapa masih terus berjalan, walaupun jumlahnya tidak banyak namun harga ekspor lebih bagus dan bayarannya tunai. Produksi kelapa nasional juga masih bisa memenuhi kebutuhan industri, namun kadang ketika industri membutuhkan kelapa, barang tidak ada.

About Firman Hasugian

Check Also

Dollar AS Halangi Penguatan Harga Timah

Setelah disetujuinya anggaran pendapatan dan belanja negara oleh Senat Amerika Serikat (AS), nilai tukar dollar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.