Wednesday , 20 March 2019
Home » Berita Komoditas » KLHK- hingga 2019 ada 5 juta ha hutan sosial

KLHK- hingga 2019 ada 5 juta ha hutan sosial

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mentargetkan hingga tahun 2019 nanti atau akhir jabatan pemerintahan Jokowi-JK, perhutanan sosial bisa mencapai 5 juta hektare (ha). Dari alokasi 12.7 juta ha, KLHK mantergetkan penyelesaian izinĀ  perhutanan sosial bisa seluas 5 juta ga.

Target tersebut dilihat berdasarkan keberadaan masyarakat yang nantinya akan mengoal areal hutan tersebut. KLHK nantinya akan menyesuaikan pemilihan hutan. Nantinya akan memilih lokasi hutan yang terdapat masayrakat.

Sampai saat ini total luas lahan hutan sosial yang ditetapkan pemerintah baru seluas 1.07 ha. Hingga akhir tahun 2017 ini, KLHK mentargetkan akan ada penambahan sebesar 1 juta ha. Lalu nanti sisanya akan dikejar pada tahun 2018 seluas 2 juta ha dan 2019 1 juta ha.

Kendala yang dialami adalah kesulitan perizinan hutan sosial ditambah dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Ditjen PSKL yang minim. Selain itu, sebelumnya perizinan berada dibawah wewenang Pemerintah Daerah (Pemda).

Pengelolaan perhutanan sosial diklaim bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hasil hutan bukan kayu ini akan lebih menarik minat industri. Saat ini sudah ada beberapa industri baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau swasta yang bekerja sama dengan masyarakat terkait penyerapan hasil hutan yang dikelola masyarakat.

About Firman Hasugian

Check Also

Dollar AS Halangi Penguatan Harga Timah

Setelah disetujuinya anggaran pendapatan dan belanja negara oleh Senat Amerika Serikat (AS), nilai tukar dollar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.